Cara Membuat Manisan Mangga Muda Basah

Sepertinya sekarang sedang akan memasuki musim buah mangga, karena banyak sekali pohon mangga yang mulai berbuah dan dipasar-pasarpun juga mulai cukup banyak yang menjualnya. Secara umum tentu saja buah mangga disantab langsung jika sudah matang karena memiliki rasa yang manis dan kandungan airnya yang banyak juga membuatnya tersa sangat segar. Namun bagi masyarakat kita buah mangga yang masih muda berwarna hijau(orang Jawa menyebutnya sebagai "Keruntil") walupun memiliki rasa yang masam, juga sangat digemari untuk disantab dengan cara diolah terlebih dahulu.


Salah satu jenis olahan tersebut adalah menjadikannya sebagai manisan yang cocok untuk kita santab ketika musim panas, sehingga rasanya lebih segar. Namun seperti kita ketahui jika manisan sendiri pada umumnya terbagi menjadi dua macam yaitu kering dan basah, yang masing-masing memiliki cita rasa tersendiri, namun untuk kesempatan ini kami akan membahas manisan buah mangga muda yang basah terlebih dahulu.

Manisan basah tentu terdapat kuah didalamnya walaupun sedikit, dan kuah tersebut juga memiliki rasa yang manis dan segar terlebih lagi jika diberi es batu. Uniknya lagi ada sebagian orang yang membuat manisan mangga muda dengan diberi cabe sehingga juga memiliki rasa yang pedas manis menggugah selera. 

Oleh karena itu pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep dan cara membuat manisan dari buah mangga tersebut baik yang pedas maupun yang tidak.
Resep I(rasa pedas manis)
500 gram mangga muda, potong-potong sesuai selera
150 gram gula pasir'
3 butir cabai merah keriting
1 cabai rawit(atau sesuai selera)
Garam secukupnya
1/2 liter air

Cara Membuat
  • Tumbuk cabai rawit dan cabai merah keriting kemudian campurkan bersama air, gula dan garam dan rebuslah hingga mendidih, kemudian tunggu hingga menjadi hangat
  • Siapkan sebuah wadah bersih kemudian masukan buah mangga muda dan siramlah dengan air gula yang sudah dibuat kemudian tunggu hingga air gula menjadi dingin.
  • Masukan kedalam lemari es semalaman hingga beberapa hari

Resep II(rasa manis)
500 gram mangga muda, iris-iris sesuai selera
Sedikit kapur sirih campurkan dengan air

Bahan A
125 gram  gula pasir
75ml air
garam secukupnya

Bahan B
150 gram gula pasir
300 ml air

Cara Membuat
  • Rendamlah mangga dengan larutan air kapur sirih kira-kira setengah jam, kemudian cuci hingga benar-benar bersih dan kapur sirihnya hilang agar tidak pahit. Jika sudah simpan didalam stoples kaca dan tutuplah rapat.
  • Campurkan semua bahan A kemudian rebus hingga mendidih dan dinginkan Tuangkan larutan gula kedalam stoples berisi mangga dan biarkan semalaman
  • Jika sudah tiriskan mangga dari air gulanya
  • Campurkan semua bahan B kemudian rebus hingga mendidih, kemudian dinginkan
  • Jika sudah tuangkan kedalam mangga dan masukan didalam lemari es

0 comments:

Post a Comment