Cara Membuat SIrup Buah Nanas

Buah nanas(Ananas comosus) adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang masam manis dan berwarna kuning merona dan sangat disukai untuk dikonsumsi atau dimakan. Buah seperti ini segar untuk dimakan langsung dengan cara dikupas terlebih dahulu, namun selain itu juga bisa diolah menajadi beragam makanan maupun minuman yang salah satunya adalah dijadikan sebagai sirup.

Bisa dibilang jika sirup yang terbuat dari buah nanas memang cukup jarang bisa ditemukan sehingga sirup nanas memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan sirup stroberi, kemudian cocopandan, jeruk dan lain-lain. Padahal bisa kita bayangkan sendiri rasa dari buah nanas yang segar tentu jika buah tersebut dibuat sirup pasti juga tidak kalah nikmatnya dengan jenis sirup lain, terlebih lagi jika dalam menyajikannya dengan es batu atau es serut ketika cuaca panas.

Seperti jenis sirup lainnya jika sirup yang berasal dari sari buah nanas seperti ini juga cocok untuk persediaan minuman instan cepat saji dikala ada tamu yang berkunjung kerumah anda. Oleh karena itu bagi anda yang sedang memiliki persediaan buah nanas terlebih lagi ketika memang sedang musimnya sehingga memiliki harga yang murah, tidak ada salahnya juga jika mencoba untuk membuat sirup buah nanas sendiri. 
Resep Sirup Buah Nanas
2kg nanas, kupas dan hilangkan matanya
1kg gula pasir
1 sendok kecil asam sitrun
2 liter air masak
Pewarna kuning muda secukupnya

Cara Membuat
  • Potong-potong nanas kemudian blenderlah bersama 1/2 liter air hingga benar-benar halus, jika sudah disaring
  • Dilain tempat rebus sisa airnya dengan gula pasir hingga mendidih dan gulanya larut
  • Tuangkan buah nanas yang sudah diblender kedalam rebusan gula diatas dan rebuslah kembali
  • Jika sudah hilangkan busanya kemudian tuangkan asam sitrun, aduk hingga merata, terakhir masukan kedalam botol dan simpan didalam lemari es

0 comments:

Post a Comment