Resep Membuat Rempeyek Teri aka Iwak Peyek

Masih seputar ikan teri kecil yang rasanya gurih asin, dan jika sebelumnya kami membahas tentang hasil olahan ikan teri yang dibuat menjadi keripik lapis tepung, maka untuk artikel kali adalah tentang cara membuat rempeyek ikan teri. Mungkin anda sendiri tidak asing dengan rempeyek jenis ini, karena makanan seperti ini sangat umum dijumpai dimana saja dan juga cukup populer disamping rempeyek kacang.

Sesuai dengan lagu Iwak Peyek yang dibawakan oleh penyanyi dangdut Indonesia yaitu Trio Macan yang berbunyi "iwak peyek, iwak peyek, iwak peyek nasi jagung". Maka Rempeyek Teri sangat dikenal masyarakat Indonesia terutama di Jawa, yaitu pada umumnya dimakan bersama salah satu jenis masakan tradisional legendaris seperti nasi jagung dan nasi gudangan. Namun selain dari pada itu rempeyek teri juga enak dimakan bersama dengan beberapa jenis masakan lain, bahkan juga cocok dijadikan sebagai camilan atau dimakan langsung.

Rempeyek teri memiliki rasa yang sangat gurih dan asin sehingga banyak disukai oleh banyak orang, dan jika dilihat dari bentuknya sebenarnya juga sangat mirip dengan rempeyek kacang, karena terbuat dari adonan tepung yang hamir sama dan cara membuatnya juga hampir sama. Namun jika dilihat dari rasanya tentu saja akan jauh berbeda karena rempeyek kacang memiliki rasa gurih dengan aroma kacang, sedangkan rempeyek teri seperti yang kami sebuat diatas yaitu memiliki rasa yang gurih asin khas ikan teri.

Mungkin sudah banyak diantara anda yang sudah bisa membuat rempeyek teri, namun mungkin saja ada diantara anda yang belum pernah membuat rempeyek seperti ini dan ingin mencobanya. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik ingin membuatnya berikut adalah salah satu resep dan cara membuatnya.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
50 gram teri kering(bisa ditambahkan apabila merasa kurang)
150 gram tepung beras
30 gram tepung tapioka
1 kuning telur
300 ml santan
3 siung bawang putih
1/2 sendok kecil ketumbar
3 butir kemiri
Garam secukupnya

Cara membuat

1. Haluskan bahan bumbunya, kemudian campurkan dengan tepung beras, tepung tapioka, kuning telur dan santan kemudian aduk hingga merata.
2. Jika sudah masukan ikan teri kering kemudian aduk kembali
3. Siapkan wajan anti lengket bersama minyak goreng, kemudian panaskan dengan api sedang.
4. Jika sudah ambil sedikit adonan tuangkan kedalam wajan dan pipihkan tipis.
5. Tunggulah hingga rempeyek matang dan kering.

Sekarang rempeyek ikan teri anda sudah jadi, dan paling asyik apabila memakannya bersama dengan nasi jagung, sambil mendengarkan musik dangdut dari Trio Macan yaitu Iwak Peyek agar lebih mantab.. :D^^.

0 comments:

Post a Comment