Resep Membuat Nasi Uduk

Nasi adalah sumber karbohidrat yang merupakan bahan makanan pokok untuk masyarakat Indonesia dan beberapa negara-negara lain terutama di Asia. Di Indonesia sendiri sebagai bahan makanan pokok, nasi sering diolah menjadi beragam masakan tradisional budaya secara turun temurun dan salah satunya adalah yang disebut-sebut sebagai nasi Uduk. Mungkin anda sendiri sering mendengar jenis masakan nasi seperti ini, bahkan mungkin beberapa dari anda ada yang sudah biasa dan sering mengkonsumsi nasi Uduk.

Nasi uduk banyak bisa ditemukan terutama didaerah Betawi, namun selain dari pada itu nasi ini juga sudah cukup tersebar dibeberapa daerah di Indonesia, sehingga mungkin bagi anda yang berada diluar daerah Betawi juga sudah bisa menemukannya dibeberapa tempat. Rasa dari nasi Uduk memang gurih dan khas sehingga akan membuat selera makan kita akan semakin bertambah, selain itu untuk penyajiannya pada umumnya bersama dengan tahu goreng, kering tempe, irisan dadar telur, ayam goreng, lalapan, sambal dan lain-lain. Sehingga tentu saja nasi seperti ini akan lebih terasa nikmat dan mantab.

Masakan seperti ini memang bisa dibilang sebagai masakan legendaris tanah air yang tetap harus kita lestarikan, sehingga anak-anak cucu kita akan tetap bisa merasakan dan mencicipi nikmatnya nasi Uduk sebagai salah satu warisan kuliner. Terlebih lagi dengan banyaknya masakan maupun makanan modern dari luar negeri yang masuk ke Indonesia dengan berbagai merk, seakan-akan membuat anak-anak maupun kalangan anak muda yang melupakan bahkan tidak tahu masakan asli tanah air.

Berkaitan dengan hal tersebut diatas mungkin ada diantara anda yang tertarik ingin mencoba membuat nasi Uduk sendiri. Oleh karena itu pada artikel ini kami juga akan sedikit berbagi tentang resep sekaligus cara membuat nasi Uduk, karena sebenarnya cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Jika anda tertarik bacalah yang dibawah ini

Bahan-bahan yang dibutuhkan
300 gram beras kemudian cuci bersih
350 ml santan
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan simpulkan
2 batang serai dan memarkan
Garam secukupnya
Bawang goreng untuk taburan sesuai selera

Cara Membuat
1. Campurkan beras bersama, santan dan bumbu lainnya, kemudian masaklah dengan api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk.
2. Jika sudah tunggu hingga santan mengering atau terserap dan nasi menjadi 1/2 matang.
3. Kukuslah nasi tersebut hingga benar-benar matang kemudian angkat.
4. Taburi dengan bawang goreng dan sajikan dengan bahan pelengkap lain seperti ayam goreng, irisan telur dadar, kering tempe dan lain-lain sesuai selera.

0 comments:

Post a Comment