Resep Memasak Sambal Goreng Udang Petai

Jika anda adalah seorang penggemar masakan pedas dan juga sangat menyukai udang, mungkin masakan seperti ini juga cocok buat anda yaitu masakan yang bernama sambal goreng udang. Sesuai dengan namanya sambal sendiri masakan yang sangat edentik dengan rasa pedas, dan dalam hal ini dimasak dengan cara digoreng atau ditumis disertai dengan bahan udang, sehingga tidak heran jika banyak yang menyebutnya sebagai Sambal Goreng Udang.

Sambal goreng sendiri adalah salah satu masakan khas tradisional Indonesia yang sudah menjadi warisan budaya turun temurun, dan memiliki jenis yang sangat beraneka ragam, yang pada umumnya namanya berdasarkan dari bahan yang digunakan, dan salah satunya adalah Sambal Goreng Udang ini. Selain pedas masakan ini juga sangat gurih dengan sedikit kuah, yang akan membuat lidah para pecinta masakan pedas tidak akan melupakan kelezatannya.

Salah satu bahan lain yang pada umumnya juga digunakan dalam membuat sambal goreng adalah petai, yang juga akan menambah cita rasanya dan selain itu juga bisa ditambahkan jenis bahan lain sesuai selera dan salah satunya adalah su'un. Masakan seperti ini cocok untuk dihidangkan kapan saja, namun menurut saya akan lebih cocok ketika siang hari ditemani dengan hidnagan es yang dingin dan segar.

Sambal goreng udang sangat cocok dijadikan sebagai lauk ketika makan dengan nasi hangat maupun ketika dimakan langsung, bersama keluarga maupun teman-teman anda. Jika diantara anda ada yang ingin mencobanya, berikut resep dan cara membuat masakan pedas tersebut yaitu Sambal Goreng Udang campur Petai.
Bahan-bahan yang dibutuhkan
4 ons udang
4 ruas petai
1/2 butir kelapa dijadikan 1 gelas santan
3 ikat kecil su'un(jika anda suka)

Bumbu
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
10 biji cabe merah(jika ingin lebih pedas bisa ditambahkan lagi)
2 jari laos
1 sendok kecil terasi
3 sendok kecil gula merah
1 sendok air asam
1 sendok garam

Cara memasak
1. Potong ekor udang dan kupaslah petai kemudian cuci hingga bersih
2. Rendam su'un kemudian dipotong-potong
3. Iris-irislah sebagian dari bawang putih dan merah, beserta cabe
4. Sisanya dihaluskan kemudian ditumis, dan tambahkan irisan-irisan diatas
5. Tuangkan udang kemudian tumis kembali setengah matang
6. Jika sudah masukan terasi, santan, garam, gula dan asam
7. Masukan petai dan su'unnya kemudian rebus hingga masak, jika sudah angkat dan sajikan. 

0 comments:

Post a Comment