Membuat Es Selendang Mayang Sekaligus Melestarikannya

Ada salah satu jenis minuman khas tradisional Indonesia yang berasal dari Betawi yang kabarnya keberadaannya sekarang semakin jarang untuk ditemui. Minuman ini memiliki nama yang cukup unik yaitu es Selendang Mayang yang pada umumnya isinya berwarna-warni dan rasanya legit dan manis.

Berdasarkan sumber di Okefood.com, minuman ini pada mulanya bernama es selendang, namun karena terbuat dari aren maka banyak orang yang menyebutnya sebagai es Selendang Mayang. Bahan utama dari selendang mayang adalah aren dan Hunkwe, yang sangat cocok untuk dinikmati ketika cuaca panas dan disajikan dengan es batu.

Isi dari es selendang mayang sendiri sedikit mirip dengan agar-agar yang pada umumnya berwarna hijau dan merah, yang disajikan dan dipadukan dengan kuah manis dan santan, sehingga isi yang berwarna-warni tersebut akan terlihat mencolok dan sangat menarik.

Sayangnya bagi kita yang ingin mencicipi minuman khas tradisional ini, akan sangat sulit untuk bisa mendapatkannya, bahkan didaerah asalnya saja disinyalir juga sudah jarang apalagi daerah lain. Oleh karena itu bagi anda yang penasaran ingin menikmati minuman ini namun kesulitan untuk mencari pembelinya, solusi terbaik adalah membuatnya sendiri sekaligus ikut melestarikan minuman tradisional, yang konon juga sebagai warisan dari leluhur.
Bagi anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut resep dan cara membuat es selendang mayang
Bahan-bahan yang dibutuhkan
Tepung sagu aren  200 gram
Tepung hungkwe 200 gram
Air  2 liter
daun pandan, 6 lbr peras airnya.
Garam 2 sdt
Pewarna makanan berwarna hijau dan merah secukupnya
Santan 2 liter yang rebus

Bahan kuah
Gula jawa 1000 gram
Gula pasir 10 sendok makan
Air  1500 ml
Daun pandan 6 lbr
Garam  1 sendok kecil

Cara membuat
1. Buatlah selendang mayang caranya, campur beberapa bahan seperti tepung sagu aren, tepung hungkwe, garam, air perasan pandan dan air, kemudian aduklah hingga merata. Bagilah adonan menjadi dua untuk warna merah dan hijau(atau juga bisa dibagi tiga yang tanpa pewarna akan berwarna putih), jika sudah masaklah sambil diaduk hingga matang dan menggumpal. Catatan jangan lupa dalam memasak adonan  tiap warna tempat harus berbeda atau bisa bergantian.

2. Buatlah kuahnya caranya, campurkan semua bahan untuk kuah kemudian rebus hingga mendidih kemudian saring

3. Siapkan beberapa mangkok untuk disajikan, kemudian masukan potongan selendang mayang, kuah manis, santan dan es batu.

0 comments:

Post a Comment