Teknik Sederhana dan Jitu Memancing di Pinggir Pantai

Bertamasya di pantai adalah salah satu pilihan mengisi liburan yang sangat menyenangkan untuk meredam kepenatan karena aktifitas pekerjaan sehari-hari. Jika seseorang suka berwisata di tempat seperti ini mereka akan cenderung bertahan lama dalam menikmati indahnya pemandangan pantai, sambil bermain air, berenang, bermain pasir, dan lain-lain.

Selain hal tersebut kegiatan yang tidak kalah menarik ketika kita berlibur dipantai adalah memancing, terlebih lagi memancing di air asin atau air laut terdapat lebih banyak beragam jenis ikan yang ada didalamnya dibanding memancing di air tawar. Menurut pendapat dari beberapa orang, memancing di pantai atau laut lebih mudah dibandingkan dengan memancing di air tawar, ntah faktor apa yang mempengaruhinya. Namun menurut pengalaman yang pernah kami alami hal tersebut memang benar.

Walaupun memancing dipinggir pantai hasil ikan yang didapat jauh lebih kecil dibandingkan ditengah laut, namun tentu saja memancing di pantai jauh memakan biaya yang lebih sedikit karena tanpa menyewa kapal atau perahu boat kita semua sudah bisa melakukannya. Namun biasanya kondisi ombak pantai juga harus relatif kecil atau air dalam kondisi tenang atau tidak terlalu berarus deras.

Beberapa jenis ikan yang sering didapat ketika memancing di pinggir pantai adalah seperti  ikan kething, ikan songo, ikan gereh pethek, ikan tembong, bahkan ikan bandeng, dan masih banyak lainnya. Walaupun jenis ikan-ikan ini tidak terlampau besar seperti yang didapat pada acara mancing mania, namun tetap akan memberikan kesenangan dengan biaya terjangkau dan tentu saja lebih aman pada faktor keselamatan.
Berikut tip-tip memancing dipinggir pantai yang bisa anda lakukan dengan mudah dan sederhana namun tetap bisa menghasilkan tangkapan ikan yang memuaskan. Jika anda tertarik untuk mencobanya silahkan baca langkah-langkah berikut ini :

1. Gunakan stick pancing atau joran yang dilengkapi dengan Spinning Reels, dan juga apungan yang berukuran besar dan terbuat dari plastik. Apabila apungan masih tidak memungkinkan gunakan apungan lebih dari satu dan diikat menjadi satu, hal ini karena juga dipengaruhi oleh besar dan kecilnya ombak di pantai.

2. Gunakan pemberat yang agak besar, namun jangan sampai apungan menjadi tenggelam dan gunakan mata pancing berukuran sedang agar semua jenis ikan mudah tertangkap.

3. Siapkan umpan dan yang paling utama adalah udang segar namun terkadang beberapa orang juga menggunakan cacing. Biasanya jika menggunakan umpan udang, ikan akan lebih rakus sehingga akan lebih mudah untuk menangkapnya dibanding dengan cacing. Namun kelebihan menggunakan cacing tidak mudah lepas, bahkan sekali pasang umpan bisa digunakan untuk tiga kali dalam memancing ikan alias tidak repot.

4. Pilih lokasi yang airnya cenderung tenang, kalau ada dermaga bisa disekitar tempat tersebut karena jauh lebih berpeluang, dan walaupun ini dipinggir pantai anda tetap harus mencari lokasi yang kemungkinan airnya lebih dalam.

5. Ada baiknya apabila tidak merusak konsentrasi gunakan lebih dari satu stick pancing untuk setiap orang. Joran atau stick pancing utama gunakan umpan udang, dan stick pancing tambahan atau kedua gunakan cacing.

Jika menggunakan umpan udang biasanya ikan akan sangat rakus sehingga anda harus pegang terus joran ini karena anda otomatis akan lebih terkonsentrasi pada stick pancing ini, dan joran kedua lebih baik di taruh di tanah sambil tunggu ikan melahap umpan.

Demikian artikel untuk kali ini dan sebagai tambahan, dalam dunia memancing tentu setiap orang memiliki cara-cara yang berbeda atau tergantung feeling atau kemantaban perasaan masing-masing, bahkan kemungkin besar di setiap daerah juga mempunyai cara dan teknik tersendiri. Sehingga tentu saja hal di atas tidak sepenuhnya mutlak dan jika anda ingin menambahkan silahkan berkomentar pada kotak dibawah ini.

3 comments:

  1. salam dari pemancing Merauke gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik gan, pemancing dari Jawa...Thq mau mampir^^

      Delete
  2. Salam strike,,,, dari magetan jatim, sekarang posisi di kolaka sultra, biasa saya mancing di pinggir pantai dermaga nelayan, saya lebih suka pake tehnik mancing dasar, dengan umpan udang potong, lumayan hasilnya, dapat ikan putih, ikan merah, kerapu, baronang, kadang sesekali dapat ikan buntal, kalo udah dapat buntal mesti korban kail,, pasti putus soalnya giginya mirip sama congor kura kura,, hehe

    ReplyDelete