Mengenal Macam-Macam Kue Geplak Manis

Ketika kita berwisata di kota Yogyakarta terutama daerah Bantul pasti kita sering menemui sebuah jajanan atau kue untuk oleh-oleh yang berwarna-warni, dan jika dimakan rasanya sangat dominan dengan rasa manis. Kue ini bernama Geplak yang terbuat dari adonan parutan kelapa dan gula yang sudah sangat populer di masyarakat, dan kabarnya sekarang juga tidak hanya tersedia di kota Yogyakarta saja, akan tetapi sudah tersebar luas di seluruh nusantara.

Kabarnya kue Geplak khas Bantul ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda, karena pada masa itu daerah ini sebagai salah satu sentra penghasil gula tebu. Selain itu jika ditinjau dari letak geografisnya, Bantul terletak di pesisir selatan yang juga sebagai penghasil buah kelapa sehingga secara otomatis juga penghasil gula kelapa. 

Selain Geplak khas Bantul Yogyakarta, ternyata juga ada kue sejenis lain dari Betawi yang bernama Geplak Betawi atau Geplak Bakar yang tentu saja juga memiliki rasa yang sangat khas. Berdasarkan dari salah satu sumber, Geplak Betawi ada yang dibuat khusus untuk berbagai keperluan seperti hantaran pengantin Betawi, hidangan keluarga Betawi, maupun perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Namun sayangnya kue khas dari Betawi ini kabarnya sekarang sulit untuk dijumpai dipasaran dan hanya ada dibeberapa tempat saja, itupun juga terbatas.

Menariknya lagi selain kedua jenis Geplak diatas, dalam perkembangannya Geplak yang pada umumnya terbuat dari parutan kelapa setengah tua, di daerah Getasan Kab.Semarang ada yang mengembangkan kue ini dengan membuat Geplak yang terbuat dari buah Waluh atau Labu. Geplak Waluh ini diciptakan oleh Nanik bersama suaminya yang bernama Slamet, karena mereka melihat berlimpahnya ketersediaan buah Labu didaerah sekitar tempat mereka tinggal.
Kabarnya Geplak Waluh juga sudah tersebar dibeberapa daerah untuk oleh-oleh, dan apabila anda sedang berlibur ke Kota Salatiga, anda juga bisa mendapatkannya dibeberapa toko oleh-oleh dikota tersebut, atau berkunjung langsung ke tempat produksi Geplak Waluh di Getasan Kab.Semarang sekitar 10KM dari Salatiga. 

Nah itulah macam-macam kue Geplak manis yang akan menambah beraneka ragamnya macam-macam kue khas tradisional Indonesia. Mungkin saja di kemudian hari kue Geplak juga akan bertambah jenisnya dibeberapa daerah yang berbeda, sehingga bagi kita penggemar kuliner akan semakin dimanjakan dengan hadirnya beraneka ragam kue khas tradisional. 

Sumber artikel Mengenal Macam-Macam Kue Geplak Manis:
http://jogjanews.com/antara-geplak-bantul-dan-betawi
http://aldyputra.net/2011/07/makanan-khas-betawi-geplak-betawi/
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2009/08/11/76216/Geplak-Waluh-Jadi-Oleh-oleh-Khas

0 comments:

Post a Comment