Cara Paling Mudah Membuat Sirup Jahe dan Manfaatnya

Semua orang pasti sudah sangat mengenal jahe, yaitu salah satu rempah-rempah yang sangat populer dimasyarakat kerena rasanya yang pedas dan bisa menghangatkan badan, yang tentu saja juga kaya manfaat seperti mengobati masuk angin, mengurangi rasa mual, batuk dan gejala flu dan masih banyak lainnya.

Salah satu ciri khas dari jahe jika ditinjau dari rasanya adalah terasa pedas jika dikunyah namun sangat berbeda dengan rasa pedas dari cabe, hal ini karena jahe mengandung senyawa keton yang dikenal sebagai zingeron dan beberapa senyawa-senyawa yang lain.

Nama binomial dari rempah-rempah ini adalah Zingiber officinale yang merupakan salah satu jenis tanaman rimpang atau rizoma karena batang tumbuh menjalar dibawah tanah dan bisa menghasilkan tunas dan akar baru. Selain itu jahe juga hanya bisa tumbuh di daerah tropis dan menjadi komoditas ekspor dinegara-negara eropa, karena seperti kita tahu dinegara-negara tersebut mengalami musim salju yang suhunya mencapai dibawah nol derajat celcius.  

Jahe sendiri sering digunakan untuk berbagai keperluan dan salah satunya sebagai minuman penghangat badan ketika cuaca sangat dingin. Sehingga ketika kita pulang kerumah kehujanan, habis mandi, atau begadang ditengah malam alangkah nikmatnya jika kita menikmati minuman ini.

Namun terkadang jika kita mengiginkan minuman ini ketika begadang dirumah dan cuaca diluar sedang hujan, tentu saja kita akan kesulitan untuk mendapatkannya. Oleh karena itu ada baiknya apabila kita membuatnya sendiri minuman tersebut yang mungkin akan bermanfaat apabila dibutuhkan dan kondisi tidak memungkinkan.
Jika anda ingin memanfaatkan jahe sebagai minuman dan sekaligus bisa sebagai persediaan, maka lebih baik anda membuatnya sebagai sirup yang akan selalu siap untuk disajikan kapan saja. Jika anda belum tahu caranya silahkan baca uraian dibawah tentang cara mudah membuat sirup jahe:

Beberapa bahan yang dibutuhkan yang paling sederhana adalah :
500 gram jahe dan pilihlah jahe yang sudah tua
2kg gula pasir
500 cc air

Namun selain itu berdasarkan beberapa sumber ada juga yang menambahkan beberapa bahan seperti berikut :
Garam
Cengkih
Daun pandan
Kayu manis
Sereh
Gula Jawa/Aren
Dan lain-lain

Namun pada artikel ini kami hanya akan memberikan tip untuk pembuatan sirup jahe yang paling sederhana, paling mudah, praktis, dan kemungkinan semua bahan sudah selalu tersedia dirumah anda. Cara membuatnya adalah :
1. Kupas kulit jahe kemudian di iris tipis-tipis
2. Haluskan jahe yang dicampur air sekitar 250cc dengan memakai blender
3. Air 500 cc yang sudah disiapkan campurkan dengan gula pasir dan direbus hingga mendidih
4. Jika semua sudah, masukan hasil blenderan jahe pada adonan nomor 3 dan masak kembali sekitar 15-30 menit
5. Jika sudah larut, tinggal angkat dan saring
6. Masukan kedalam beberapa botol.
7. Jika anda ingin menyajikannya, caranya seperti jika anda membuat sirup dengan takaran seperti biasa, dan lebih nikmat dengan air panas
8. Masukan sirup jahe kedalam kulkas dan biasanya akan bisa bertahan sekitar satu minggu

Catatan : mungkin dibeberapa tempat memiliki jenis resep dengan ciri khas masing-masing, ada yang menggunakan variasi gula pasir dan gula jawa, dan ada juga yang menggunakan 2 jenis tanaman jahe yaitu jahe jahe gajah dan jahe emprit/jahe merah yang dihaluskan dan dicampur menjadi satu.

Beberapa manfaat jahe :
1. Jahe mengandung metabolismedan yang dapat memperlancar pencernaan, sehingga apabila kita rutin mengkonsumsi jahe sebelum makan dipercaya bisa mencegah pembuncitan perut.

2. Jahe bisa melebarkan pembuluh darah dan merangsang pelepasan hormon adrenalin, sehingga bisa menurunkan tekanan darh tinggi

3. Mencegah terjadinya penggumpalan darah karena mengandung senyawa gingerol

4. Menurunkan berat badan dengan membakar kalori yang diubah menjadi panas tubuh

5. Efektif membangun otot sehingga membuat tubuh lebih perkasa, dan mengurangi rasa sakit pada otot yang disebabkan oleh latihan fisik.

Selain beberapa manfaat diatas berdasarkan dari beberapa sumber dan media, masih banyak sekali manfaat jahe yang lainnya

sumber manfaat jahe : http://ngenee.blogspot.com/2012/04/1001-manfaat-jahe-untuk-kesehatan.html

0 comments:

Post a Comment