Cara Membuat Gethuk Pisang

Kue tradisional gethuk yang paling terkenal dan sangat umum adalah yang terbuat dari singkong, namun selain itu ada juga yang terbuat dari buah sukun yang rasanya sangat khas. Bahkan jika anda sedang berlibur disuatu kota yang ada di Jawa Timur yaitu Kediri kemungkinan anda akan menemukan sebuah kuliner khas daerah tersebut yaitu sebuah kue Gethuk yang sangat berbeda karena terbuat dari pisang.

Sesuai dengan bahan dasar yang digunakan untuk membuat maka gethuk ini sering disebut sebagai getuk pisang yang tentunya akan membuat anda semua penasaran ingin mencobanya. Sama seperti jenis getuk lainnya, gethuk pisang juga sangat lembut ketika dikunyah dan tentu saja rasanya juga sangat manis khas pisang sehingga tidak heran jika jenis kuliner ini sangat disukai oleh para pengunjung di kota tersebut.

Uniknya lagi getuk pisang dibungkus oleh daun pisang seperti lontong yang berbentuk seperti pipa memanjang, sehingga juga sangat berbeda dengan jenis getuk singkong pada umumnya. Selain itu pada umumnya jenis pisang yang digunakan untuk membuat getuk pisang tersebut adalah pisang raja nangka yang rasanya manis baunya juga sangat harum, dan merupakan salah satu jenis pisang yang istimewa jika dibanding dengan jenis pisang lainnya.

Getuk pisang bisa dengan mudah ditemukan di kota Kediri seperti di kios-kios, toko oleh-oleh hingga para pedagang asongan yang bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau, dan sangat cocok buat oleh-oleh untuk keluarga tercinta mengingat menurut kami jenis kuliner ini cukup sulit untuk bisa ditemukan didaerah lain. Namun bagi anda yang merasa penasaran ingin mencicipi getuk pisang , dan tidak memiliki banyak waktu untuk berkunjung di kota Kediri, salah satu solusi yang paling baik adalah membuatnya sendiri. Oleh karena itu bagi anda yang tertarik berikut adalah resep dan cara membuatnya

Bahan-bahan yang dibutuhkan
15 pisang raja nangka namun pilih yang tidak terlalu lembek
75 gram gula pasir
Garam dan vanili secukupnya
Daun pisang dan lidi untuk membungkus

Cara membuat
1. Kukuslah pisang hingga lunak kemudian angkat kemudian kupas dan haluskan ketika masih panas.
2. Pisang yang sudah dihaluskan campurkan dengan bahan lain yaitu gula, garam beserta vanili kemudian aduk hingga merata
3. Jika sudah adonan ditekan-tekan hingga padat, kemudian ambil satu genggam dan bungkus kedalam daun pisang yang dibentuk seperti lontong.
4. Kukuslah kembali kira-kira setengah jam dan jika sudah angkat dan dinginkan hingga menjadi mengeras.
5. Jika sudah dingin potong-potong kemudian sajikan dan jika suka bisa ditaburi dengan parutan kelapa setengah tua yang sudah dikukus dan dicampur dengan sedikit garam.

0 comments:

Post a Comment